Yuk waspadai gejala kanker esofagus

Kanker esofagus adalah salah satu jenis kanker yang disebabkan akibat menyerang kerongkongan atau esofagus . kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya pertumbuhan abnormap pada jaringan epitel di kerongkongan . walaupun terjadi di bagian kerongkongan tetapi kanker esofagus ini pada umumnya terjadi di bagian bawah . tahukah kamu bahawa kanker esofagus ini dibagi menjad 2 jenis ? iya kanker esofagus dilansir dari halodoc memiliki dua jenis . yang pertama adalah kanker sel skuamosa atau kanker yang terjadi pada sel berbentuk pipih yang membentuk bagian permukaan esofagus dan biasanya kanker sel skuamosa ini terjadi pada bagian atas esofagus maka dari itu termasuk jenis kanker esofagus. Yang kedua adenokarsinoma , keadaan kanker ini terjadi pada sel yang menghasilkan mucus untuk melumasi makanan yang melalui esofagus dan adenokarsinoma ini terjadi di bagian bawah esofagus dan berbalik dengan sel skuamosa . dilansir dari halodoc yaitu gejala gejala kanker esofagus yang perlu diwaspadai . pada tahap awal penyakit kanker esofagus ini tidak akan menimbulkan gejala apapun namun seiring berjalannya waktu perkembangan sel kanker yang terjadi pada tubuh , kanker esofagus terdiagnosis beberapa gejala yang bisa dirasakan , antara lain :

  1. Batuk dalam jangka waktu yang panjang
READ  Pengobatan tepat kanker esofagus

Keadaan ini akan menimbulkan seseorang mengalami batuk dan memiliki suara yang parau ini akan menyebabkan kanker esofagus . anda tidak boleh menyepelekan dan tetap harus berhati hati . siapa tau jika batuk sudah terasa dalam jangka panjang itu adalah gejala kanker esofagus.

  1. Mengalami nyeri pada dada

Penderita kanker esofagus akan merasakan nyeri pada dadanya . apalagi jika nyeri dada bisa berlangsung dalam jangka waktu lama ini tidak baik dan bisa menimbulkan gejala kanker esofagus . jika sudah seperti ini , sebaiknya periksakan ke dokter kesehatan anda dan konsultasikan keluhan anda

  1. Muntah

Penderita penyakit kanker esofagus tanda awal akan sering mengalami muntah dan parahnya lagi pengidap bisa mengalami muntah darah jika memang penyakit kanker esofagus sudah terlalu parah .

  1. Menjadi sulit menelan dan minuman .
READ  Kenali penyebab kanker esofagus

Hal ini adalah wajar dikarenakan kita menelan dan meminum Sesutu masuk ketubuh kita akan melewati kerongkongan . dan mungkin ini bisa mengalami kanker esofagus karena tumbuhnya tumor pada bagian kerongkongan atau eofagus dan tumor yang muncul tersebut menimbulkan penyempitan pada esofagus sehingga kamu menjadi sulit menelan makanan. jadi pada kanker esofagus yang sudah parah , penderita kanker esofagus juga akan keuslitan untuk minum .

  1. Terjadinya gangguan pecernaan

Gejala lainnya yaitu terjadinya gangguan pencernaan dari adanya kanker esofagus . gejala ini tidak kelihatan karena sama seperti gejala penyakit lainnya . atau bisa juga dikira sakit pencernaan biasa , sebaiknya jangan menganggap sepele pada masalah gangguan pencernaan yang kamu alami . segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan resep obat obatan yang bisa membantu pencernaan akibat kanker esofagus.

  1. Mengalami Penurunan berat badan
READ  Cara mendiagnosis kanker esofagus

Perhatikan berat badanmu bahkan tidak ada salahnya selalu memeriksa kesehatan dan berat badanmu dikarenakan apabila kamu mengalami penurunan berat badan tanpa sengaja dan alasan yang jelas qalaupun kamu telah memnuhi kebutuhan nutrisi maupun gizi yang dibutuhkan tubuh kamu tidak jadi memiliki berat badan yang ideal karena berat badanmu malah turun secara drastic .

 

Sumber gambar : kabartangsel.com