Yuk kenali Bahayanya penyakit jantung coroner

Penyakit jantung coroner atau yang disingkat dengan pjk adalah masalah jantung yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah arteri coroner yang biasanya disebabkan oleh penumpukkan plak kolesterol di dinding dalamnya waktu jangka panjang dan penyempitan pada dinding arteri ini disebut aterosklerosis . seiring berjalannya waktu . pjk ini atau penyakit jantung koronoer dapat menyebabkan jantung melemah sehingga menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung dan gangguan irama jantung atau aritmia . gejala Penyakit jantung coroner yang harus kalian waspadai karena gejala ini biasanya tidak langsung muncul diawal mula terjadinya penyakit tetapi seiring dengan waktu memang harus diwaspdai gejla berikut dilansir dari hellosehat , antara lain

  • Nyeri dada atau angina

Angina yaitu nyeri dada yang teramat sangat intens karena kaibat otot jantung yang tidak mendapatkan cukup pasokan darah yang kaya oksigen dan rasa sakitnya mirip dicubit atau dada ttertindih benda berat . dan sensasi dicubit dapat menyebar ke pundak , lengan , leher , rahang dan punggung kiri karena bisa juga menembus dari depan dada ke punggung atau rasa nyerinya dapat muncul dan menjadi lebih parah saat pasien biasanya sedang beraktivitas berat misalnya saja berolahraga . yang perlu ditandai disini adalah tidak semua nyeri dada adalag gejala Penyakit jantung coroner , nyeri dada akibat angina biasanya disertai dengan keringat dingin dan gejala angina pada wanita dan pria tentu berbeda .wanita cenderung melaporkan serangan jantung yang diawali dengan kemunculan rasa nyeri spesifik dibawah dada dan perut bagian bawah .

  • Keringat dingin dan mual
READ  Cara mudah menangani jantung berdebar

Ketika pembuluh darah seketika menyempit , otot otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan suatu kondisis yang disebut iskemia . keadaan ini akan memicu suaru sensasi yang sering digambarkan seperti keringat dingin . iskemia ini dapat juga menimbulkan reaksi muntah dan mual .

  • Sesak napas

Sesak napas yang menjadi gejala Penyakit jantung coroner biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri di dada . jantung yang tidak berfungsi normal kesulitan memompa darah segar ke paru sehingga anda akan kesulitas bernafas dan cairan yang berkumpul di paru paru juga menyebabkan sesak napas bertambah parah .

Sebenarnya penyebab Penyakit jantung coroner ada bahayanya , meski begitu dilansir dari hellosehat penelitian telah menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi , diabetes , kegemukan , kolesterol , trigeliserida tinggi , kebiasaan merokok dan peradangan pada pembuluh darah semua itu merupakan faktor utama yang melukau dinding aeeri sehingga menyebabkan Penyakit jantung coroner . ketika arteri sudah mulai rusak , plak akan lenih mudah menempel ke arteri dan lambat laun menjadi menebal . penyempitan pembuluh kemudian akan menghambat aliran darah kaya oksigen ke jantung dan jika plak pecah maka trombosit akan menempel pada luka di arteri dan membentuk gumpalan darah yang memblokir arteri yang menyebabkan angina semakin parah . perlu diketahui bahwa bekuan darah cukup besar maka arteri akan semakin tertekan dan bisa menyebabkan infark miokard atau kematian otot jantung . lalu apa saja pengobatan Penyakit jantung coroner yang bisa dijadikan pilihan : obat obatan penurun kolesterol yautu niasin , statin dan fibrat ,  mengonsumsi aspirin atau pengencer darah agar melarutkan darah yang tersumbat , beta blockers menurunkan tekanan darah dan mencegah resiko infard miokard dan juga nitrogliserin dan inhibitor enzim yang mengubah angiotensin .

READ  Pengobatan tepat kanker esofagus

Sumbergambar :sehatq.com