Pengobatan tepat kanker esofagus

Kanker esofagus adalah salah satu jenis kanker yang disebabkan akibat menyerang kerongkongan atau esofagus . kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya pertumbuhan abnormap pada jaringan epitel di kerongkongan . walaupun terjadi di bagian kerongkongan tetapi kanker esofagus ini pada umumnya terjadi di bagian bawah. dilansir dari halodoc  yang dimaksud gejala gejala pada kanker esofagus seperti Batuk dalam jangka waktu yang panjang Keadaan ini akan menimbulkan seseorang mengalami batuk dan memiliki suara yang parau ini . nyeri pada dada Penderita kanker esofagus akan merasakan nyeri pada dadanya . apalagi jika nyeri dada bisa berlangsung dalam jangka waktu lama ini tidak baik dan bisa menimbulkan gejala kanker esofagus . Muntah , Penderita penyakit kanker esofagus tanda awal akan sering mengalami muntah dan parahnya lagi pengidap bisa mengalami muntah darah .Menjadi sulit menelan dan minuman ,ini juga termasuk gejala kanker esofagus mengalami kanker esofagus karena tumbuhnya tumor pada bagian kerongkongan atau eofagus dan tumor yang muncul tersebut menimbulkan penyempitan pada esofagus sehingga kamu menjadi sulit menelan makanan.mengalami gangguan pecernaan , sebaiknya jangan menganggap sepele pada masalah gangguan pencernaan yang kamu alami . Mengalami Penurunan berat badan apabila kamu mengalami penurunan berat badan tanpa sengaja dan alasan yang jelas qalaupun kamu telah memnuhi kebutuhan nutrisi maupun gizi yang dibutuhkan tubuh kamu tidak jadi memiliki berat badan yang ideal karena berat badanmu malah turun secara drastic .penyebab kanker esofagus belum dipastikan . namun kanker ini diduga muncul dikarenakan sel-sel didalam kerongkongan mengalami perubahan atau mutasi genetic sehingga tubuh secara tidak normal dan tidak terkendali sel abnormal tersebut kemudian menjadi penumpuan  hingga sampai membentuk tumor didalam kerongkongan.pengobatan kanker esofagus akan disesuaikan dengan lokasi dan stadium kanker . berikut pilihan pengobatan untuk kanker esofagus dilansir dari alodokter :

  1. Operasi
READ  Cara mendiagnosis kanker esofagus

Dokter akan mengangkat kanker .sebagian esofagus yang terkena kanker atau esofagektomi atau hanya sebagian esofagus dan bagain atas lambung atau esofagogastrektomi . dokter bedah bisa melakukan operasi dengan metode bedah terbuka atau dengan laparoskopi .operasi sesuai dengan kondisi pasien saat terjadi .

  1. Radioterapi

Dengan menggunakan sinar khusus yang dapat membunuh sel kanker dan menghentikannya pertumbuhannya . biasanya terapi ini digabungkan kemoterapi . radioterapi dilakukan setiap hari selama 2-6 minggu . efek samping yang dapat dirasakan oleh pasien setelah menjalani radioterapi antara lain akan bereaksi seperti kulit terbakar atau nyeri , sulit menelan minuman dan makanan serta kerusakan pada organ disekitar lokasi tumbuhnya tumor .

  1. Kemoterapi

Ini dilakukan dengan menggunakan obat yang diminum atau disuntik , bertujuan utama untuk pengobatan menghentikan pertumbuhan kanker dengan membunuh atau menghentikan sel kanker membelah diri . biasanya digabungkan dengan radioterapi dna kemoterapi dapat dilakukan sebelum atau sesudah operasi . kemoterapi menyebabkan segala efek samping seperti mual , berat badan turun , diare , kelelahan , menjadi tidak nafsu makan , infeksi dan mudah mengalami perdarahan dan memar .

  1. Terapi target
READ  Yuk waspadai gejala kanker esofagus

Pengobatan ini ditujukan untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker yang akan tumbuh di kerongkngan dan menggunakan obat khusus .

  1. Terapi lainnya
  • Imunoterapi untuk meningkatkan sistem imun menyerang sel kanker dengan menggunakan obat khusus
  • Elektrokoagulasi untuk menghancurkan sel kanker dengan aliran listrik
  • Krioterapi untuk mengecilkan sel kanker

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumbergambar:lifestyle.kompas.com