Kenali penyebab kanker esofagus

kanker esofagus berhubungan dengan sistem pencernaan yang ada didalam tubuh. kanker esofagus ini berada di bagian esofagus atau saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung . saluran inilah yang biasanya membantu kita ketika makan mendorongnya makanan menuju ke dalam lambung setelah kita mengunyah dan menelan makanan . diindonesia sendiri mungkin masih terdengar asing .padahal faktanya  jenis kanker esofagus ini menjadi salah satu kanker pembunuh nomer 6 di dunia loh , dan di indonesia sendiri sudah mencapai 150rb kasus ditemukan setiap tahunnya . walaupun memang secara pasti masih belum diketahui penyebabnya kemunculan kanker esofagus ini . tetapi ada beberapa pemicu atau faktor resiko yang membuat seseorang ini rentan atau lebih mudah terkena kanker esofagus. Dilansir dari CNN Indonesia tentang gaya hidup Penyebab atau fakto resiko kanker esofagus , antara lain :

  1. Mengonsumsi cairan yang sangat panas
READ  Yuk waspadai gejala kanker esofagus

Sering meminum minuman dengan suhu 65 derajat celcius atau lebih dapat meningkatkan resiko adenokarsinoma atau cairan yang panas tersebut dapat merusak sel bagian dalam kerongkongan dan dapat memicu munculnya kanker esofagus .

  1. Obesitas

Penderita obesitas mengalami adenokarsinoma . yang disebabkan oleh resiko GERD yang lebih tinggi pada mereka dengan berat badan yang berlebih . maka diusahakan untuk bisa mencapai berat badan yang ideal dan mulailah mencoba mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan juga hindari makanan yang mengandung lemak jenuh .

  1. Tembakau dan alcohol

Sudah bukan rahasia umum lagi jika merokok merupakan aktivitas yang merugikan bagi tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya . tembakau adalah bahan baku rokok . mengonsumsi tembakau melalui rokok , cerutu atau kunyah menjadi salah satu faktor resiko terbesar akibat dari kemunculan kanker esofagus. Resiko kanker makin tinggi saat mengonsumsi dalam waktu yang lama . orang akan selalu menghabiskan sebungkus rokok padahal itu sama saja dengan beresiko dua kali lipat mengalami adenokarsinoma . selain tembakau , resiko kanker juga diakibatkan oleh mengonsumsi alcohol secara berlebihan . bahan bahan yang terkandung dalam alcohol pun tidak baik untuk kesehatan . alcohol ini dapat mempengaruhi sel skuamosa sehingga menimbulkan resiko adenokarnsinoma .

  1. Bareets esofagus
READ  Cara mendiagnosis kanker esofagus

Ini artinya asam lambung yang terlalu sering menyentuh bagian bawah esofagus bisa merusak jaringan dalam esofagus . dan sel sel skuamosa yang biasa melapisi esofagus atau kerongkongan digantikan dengan sel kelenjar . sel sel ini lah lebih ditahan dengan asam lambung atau lebih disebut dengan varret esophagus dan jika dibandingkan dengan adenokarsinoma orang yang terkena barreys esofagus lebih beresiko lebih tinggi terkena kanker .

  1. Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease atau GERD , demi kelancaran pada saat proses pencernaan , lambung secara alami memproduksi asam dan enzim . namun , hal itu menyebabkan sebgaian orang yang mempunyai asam yang cukup kuat ini bisa keluar dari lambung dan menyentuh bagian esofagus paling bawah . saat asam menyentuh esofagus orang akan merasakan heartburn atau rasa terbakar yang tiba tiba muncul dan rasa sakit yang dirasakan di bagian tengah perut . memiliki  GERD yang beresiko terkena kanker esofagus dengan jenis adenokarsinoma . diamerika serikat ini menjadi paling umum bentuknya dari kanker esofagus .

READ  Cara mudah menangani jantung berdebar

 

Sumbergambar : deherba.com