Cara mudah menangani jantung berdebar

Jantung berdebar atau palpitasi adalah keadaan dimana ketika jantung berdenyut terlalu cepat dan tidak beraturan . penderita yang merasakan jatung berdebar umumnya akan merasa jantung berdegup cepat dan kencang . sensasi inilah yang dapat dirasakan di area tenggorokan dan leher . pada orang dewasa, detak jantung bisa berkisar 50-100 bpm tergantung pada usia dan konsidi kesehatan . Penyakit jantung berdebar akan merasakan jantungnya berdetak kuat , cepat dan tidak beraturan dan gejala yang dapat dirasakan ketika penderita sedang beraktivitas atau sedang dalam beristirahat . selain terasa di dada gejala ini akan merasakan di tenggorokan . keadaan ini memang biasanya terjadi hanya dalam hitungan beberapa detik atau beberapa menit . meski umumnya tidak berbahaya disarankan untuk segera mencari pertolongan medis jika jantung berdebar yang dialami. Sementara itu jantung berdebar kencang juga menandakan adanya masalah medis contohnya saja penyakit tiroid , aritmia atau bahkan gagal jantung . walaupun kalian belum tau penyebab pasti dari jantung berdebar yang kalian rasakan , sebagai langkah awal dilansir dari hellosehat 5 cara mudah menangani jantung berdebar , yaitu

  1. Berolahraga secara rutin dan teratur
READ  Cara mendiagnosis kanker esofagus

Olahraga memang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung , namun nyatanya juga bisa memicu jantung berdebar atau sebagian orang . maka sebab itu kalian harus memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat supaya detak jantung anda bisa cepat kembali normal . memang olahraga dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan maksudnya secara tidak langsung olahraga yang teratur dan rutin dapat membantu mengatasi jantung berdebar yang disebabkan oleh stress atau kecemasan . jangan lupa pilihlah jenis olahraga yang ringan sesuai dengan tubuh anda . dan palig penting membuat jadwal yang teratur san rutin dan berkomitmenlah dengan jadwal yang sudah dibuat secara konsisten maka ini akan sangat ampuh mengatasi jantung berdebar .

  1. Menjaga keseimbangan elektrolit
READ  Pengobatan tepat kanker esofagus

Menjaga keseimbangan elektrolit anda bisa melalui makanan atau minuman yang mengandung natrium , kalium , kalsium dan magnesium . serta jenis elektrolit bisa didapatkan dari makanan , seperti kalsium contohnya produk susu , susu dan sayuran hijau , kalium seperti aplupajt , pisang , ubi jalar , ayam dan sayuran hijauĀ  , kacang , ikan dan lainnya serta natrium seperti kentang dan sup.mengapa kita harus menjaga keseimbangan si elektrolit ni ? dikarenakan ketika jantung tiba tiba berdebar ini bisa jadi pertanda sinyal listrik yang mengalir ke jantung sedag bermasalah , nah , sinyal listrik ini dipacu oleh kadar elektrolit dalam tubuh dan jika tubuh kekurangan elektrolit maka detak jantung anda menjadi tidak beraturan dan cenderung lebih cepat . jika tetap tidak bisa memenuhi keseimbangan elektrolit bila perlu meminum suplemen tertentu yang mengandung elektrolit .

  1. Banyak mengonsumsi air putih
READ  Yuk kenali Bahayanya penyakit jantung coroner

Dalam hal ini pastikan kebutuhan cairan anda tercukupi karena menurut centers for diseade control and prevention atau CDC adalah jumlah cairan yang dibutuhkan setiap orang sangat berbeda tentunya bisa tergantung usia , jenis kelamin dan kondisi kehamilan . pastikan anda meminum delapan gelas air putih perhari agar menjaga tubuh agar tetap tidak terhidrasi dan juga walaupun sedang tidak haus tetaplah minum segelas air putih agar tiak terkena gejala gejala dehidrasi .

 

Sumbergambar : doktersehat.com