4 Tanda Penuaan Dini

 

Apabila membicarakan soal kecantikan, perawatan kulit hingga pola hidup sehat sudah pasti harus diterapkan oleh sebagian besar wanita. Akan tetapi, biasanya kesibukan yang menyita waktu membuat kamu menjadi kurang peduli menjaga hal itu. Sehingga pada ujung-ujungnya, akan terjadi masalah-masalah kulit yang membuat jengah serta menyebalkan, menyebabkan kadar percaya diri yang dapat berkurang. Contoh tanda-tanda penuaan yang dapat lebih mudah dan cepat muncul dari usia dan waktu seharusnya.

Menjadi tua merupakan salah satu hal yang biasanya ditakutkan pada banyak perempuan. Oleh sebab itu, tidak jarang berbagai cara dilakukan dan berbagai perawatan untuk menolak tanda-tnda penuaan dini. Nah, terdapat beberapa hal yang dapat membuat tanda penuaan dini semakin muncul yaitu akibat berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, pola makan yang kurang sehat, merokok, dan lain sebagainya yang dapat membuat penuaan dini terjadi lebih cepat.

Supaya kamu bisa antisipasi hal itu mulai sekarang, maka tidak ada salahnya apabila kamu mencoba mengetahui  apa saja ciri-ciri yang muncul mulai dari kulit yang sangat kering, sampai munculnya bercak-bercak cokelat pada wajah yang mengalami penuaan dini.

READ  4 Hal Penyebab Utama Penuaan Dini

Mau tahu tanda-tanda penuaan dini? Mari simak ulasan berikut ini.

  1. Bercak hitam pada wajah

Apabila kamu sering beraktivitas di luar serta terkena sinar matahari bisa mengurangi kecantikan kulit yang kemudian tanpa kamu sadari akan menimbulkan munculnya bintik-bintik seperti bekas terkena sinar matahari. Akhirnya, untuk wajahmu yang sebelumnya mulus membuat penampilanmu menjadi sedikit berkurang, kamu pun berusaha untuk mengakali samarnya bintik-bintik itu saat berpergian supaya nggak terlihat jelas.

Bercak hitam ialah tanda utama yang terjadi penuaan dini terjadi. Disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihhan, lalu stres, juga faktor genetika, serta kurangnya asupan vitamin menjadi penyebab utama bercak atau flek hitam pada wajah kamu. Oleh sebab itu, cukup penting untuk selalu menggunakan sunscreen kemanapun kamu pergi. Menurut Joshua Zeichner, bercak hitam dikarenakan terlalu banyak terekspos matahari dan kulit tidak dapat melindunginya dan mengatakan flek hitam masih bisa dikurangi sebelum terlambat.

  1. Munculnya garis halus
READ  Yuk kenali Bahayanya penyakit jantung coroner

Jika saat tersenyum lalu kamu dapat melihat garis halus yang berada di samping mulutmu, mengartikan bahwa kamu sedang mulai mengalami penuaan dini. Apabila tidak ditangani secara cepat, garis halus ini dapat semakin mendalam sehingga sulit untuk dihilangkan. Kamu dapat menggunakan krim berbahan retinol secara bertahap untuk menyamarkan keberadaan garis halus tersebut.

  1. Kulit kering

Apabila sewaktu remaja tipikal kulitmu berminyak, justru seiring bertambahnya usia kulitmu akan menjadi kering, hingga sangat kering. Untuk  kamu yang telah memiliki kulit yang sangat kering dari sekarang, kemungkinan besar itu merupakan suatu pertanda kalau wajahmu memang telah menua lebih cepat dari usia. Oleh sebab itu, kulit sangat kering akibat paparan sinar matahari, merokok, dan stress haruslah kamu rawat dengan rutin poleskan pelembab sebelum kamu melakukan aktivitas.

  1. Kurangnya volume dan kulit kendur
READ  Cara mudah menangani jantung berdebar

Dilansir dari laman Hello Sehat, berkurangnya volume kulit juga beserta jaringan yang membentuknya terkadang sulit diidentifikasi. Kondisi ini pun ditandai dengan berkurangnya kekencangan pada kulit yang menyebabkan perubahan pada gambaran wajah Anda. Area leher akhirnya menjadi kasar, kering, serta kusam. Berkurangnya volume tersebut akan membuat wajah mengalami perubahan ekspresi dan tampilan dan ini merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dini.

Kondisi yang juga paling umum terjadi pada wanita memiliki tanda-tanda berupa penuaan dini ialah berkurangnya kepadatan terjadi pada permukaan kulit saat kulit menjadi tipis dan rentan.

Nah itulah beberapa tanda-tanda penuaan dini yang harus kamu ketahui dan antisipasi dengan berbagai metode perawatan untuk mencegahnya.

 

Sumber gambar : https://www.popbela.com